Terminal Gombong Tukar Tempat Dengan Pasar Hewan

GOMBONG - Terminal Gombong, Kebumen, akan menempati Pasar Hewan Purbowangi, di Desa Purbowangi, Kecamatan Buayan. Begitu pula sebaliknhya, Pasar Hewan Purbowangi akan menempati Terminal Gombong.



Hal itu ditegaskan kepala UPT Terminal Kebumen Muhlisin usai sosialisasi tukar tempat Terminal Gombong dan Pasar Hewan Purbowangi pada Rabu (12/2) kemarin. Sosialisasi yang berlangsung di Terminal Gombong itu diikuti 11 Agen bus dan 19 pedagang asongan.

Menurut Muhlisin yang juga mantan kepala UPT Pasar Tumenggungan Kebumen, langkah tersebut diambil untuk meramaikan Terminal Gombong yang selama ini sepi dan terkesan mangkrak itu. Terminal yang berada di Jalan Sempor Baru itu sudah tidak layak pakai. Kondisinya rusak, dari mulai bangunan kantor hingga lantai terminal. Awak angkutan pun jarang yang masuk ke terminal tersebut.

Tukar tempat itu juga utnuk menertibkan Pasar hewan yang selama ini menempati lokasi di dekat Gedung Tourism Information Center (TIC) Purbowangi, kecamatan Buayan. "Ini merupakan solusi tepat untuk mengatasi permasalahan Terminal Gombong maupun Pasar Hwan Purwobangi," kata Muhlisin yang lebih akrab disapa Iing ini.

Ramaikan Terminal

Karena, lanjut Iing, dengan tukar tempat tersebut akan meramaikan Terminal Gombong yang dipindah ke jalan utama tersebut. Lokasinya berada di jalan yang dilalui bus. Begitu pula Pasar Hewan yang dipindah ke terminal Gombong lama akan semakin mendekatkan pedagang dari arah Timur maupun utara. Terlebih, di tempat itu merupakan jalan alternatif menuju Kabupaten Banjarnegara.

Lebih lanjut Muhlisin mengatakan, sosialisasi yang dilakukan kemarin juga terkait rencana pembangunan Pasar hewan di Terminal Gombong yang dimulai April mendatang.

"Untuk pembangunan Terminal Gombong yang menempati Pasar Hewan Purbowangi akan dilaksanakan pada 2015 mendatang," imbuhnya. (K5-78)

sumber : suaramerdeka

wdcfawqafwef