Asal mula tanda baca

Asal mula tanda baca



1. Sinyal Tanya

Awal mulanya, dalam bhs latin, untuk memberikan indikasi pertanyaan, orang mesti menuliskan kata " Questio " diakhir kalimat untuk mengisyaratkan bahwa kalimat itu yaitu kalimat bertanya. Jadi untuk menghemat tempat, kata itu pada akhirnya disingkat jadi qo, yang lalu dimampatkan lagi jadi huruf q kecil diatas huruf o, yang pada akhirnya semakin lama semakin habis jadi titik serta garis serupa cacing, sama seperti sinyal bertanya kita saat ini.

2. Sinyal Seru

Seperti sinyal bertanya, awalannya juga diawali dengan menumpuk huruf. Sinyal ini datang dari kata dalam bhs Latin " io " yang bermakna " seruan keceriaan ". saat huruf i ditulis diatas huruf o, lama-lama dipersingkat seperti sinyal seru kita saat ini.

3. Sinyal Sama Dengan

Diketemukan oleh pakar matematika Inggris Robert Recorde pada 1557, dengan pemikiran seperti ini (dalam bhs Inggris kuno) " I will settle as I doe often in woorke use, a paire of paralleles, or Gmowe i. e., twin lines of one length, thus : , bicause noe 2 thynges, can be more equalle. " atau terjemahannya : " Saya bakal memakai sinyal ini seperti umumnya, sepasang garis sejajar, atau kembar dengan panjang yang sama, lantaran tak ada dua hal lagi yang dapat lebih sama juga dengan dua garis sejajar ini. " Sinyal sama juga dengan asli temuan Robert sekurang-kurangnya 5 kali lebih panjang dari yang kita kenal saat ini.

4. Ampersand

Lambang ini yaitu bentuk stilir dari " et " dalam bhs Latin yang bermakna " Serta. " Sinyal ini diketemukan oleh Marcus Tullius Tiro, seseorang penulis dari era pertama di Roma. Nama Ampersand baru diberikan sesudah 17 era lalu. Pada awal 1800-an, murid sekolah belajar lambang ini juga sebagai huruf ke 27 sesudah Z, namun masih tetap tanpa ada mana. Jadi dimuka 1800-an ini mereka belaar ABC dengan " and per se, and " yang bermakna " & " serta lalu lantaran karena sangat cepatnya di baca, pada akhirnya jadi " ampersand ".

5. Octothorp

Nama aneh untuk sinyal penomoran ini datang dari kata " Thorpe ", kata dalam bhs Normandia Kuno untuk desa atau tanah pertanian yang kerap didapati dalam bhs Inggris untuk nama tempat. AWalnya dipakai untuk pembuatan peta, yang bermakna desa yang di kelilingi delapan pertanian. Lantaran delapan (octa) serta pertanian (thorpe), jadi nampak nama ini, Octothorp.

6. Sinyal Dollar

Pemerintah Amerika baru menerbitkan duit mereka sendiri pada 1794, serta pada saat itu masih tetap memakai mata duit dunia lama - peso - atau Dollar Spanyol. Koin 1 Dollar Amerika pertama persis sekali seperti duit Peso Spanyol, baik berat ataupun nilainya, jadi mereka mengambil singkatan yang sama : Ps. Semakin lama perubahannya, huruf P ditulis menerpa S, serta lalu mulai lingkaran diatas P tadi dibuang, jadi cuma huruf S yang ditimpa dengan garis vertikal.

wdcfawqafwef